Pengertian CPU (Central Processing Unit)

CPU (Central Processing Unit) 

http://industry-illustration.com/material/019.jpg
Processor/CPU merupakan otak dari sebuah komputer. CPU adalah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dari data perangkat lunak. CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. Tanpa CPU komputer tidak akan berfungsi dengan semestinya. Fungsi dari CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil intruksi-inruksi, menjalankan intruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.  CPU/
Processor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data bus-nya. Misalkan ada processor 8 bit, itu berarti processor tersebut memiliki 8 data bus.
Ada beberapa produsen processor untuk PC, seperti Intel, AMD, Cryix, dan Winchip IDT. Kita gunakan standar processor keluaran Intel Corp, sbb:

1. Processor 8  bit : 8088 (Generasi XT = Extended Technology)

2. Processor 16 bit : 8086
                            80186
                            80286 (Generasi AT = Advanced Technology)

3. Processor 32 bit : 386 SX
                             386 DX
                             486 SX
                             486 DX
                             Pentium
                             Pentium Pro
                             Pentium II
                             Pentium III

PC didesain berdasarkan generasi-generasi CPU yang berbeda. Intel bukan hanya satu-satunya perusahaan yang membuat CPU-CPU, tetapi jelas sekali merupakan perusahaan yang terpenting. Tabel berikut ini menunjukkan generasi-generasi CPU yang berbeda. Tiap generasi yang berkuasa ialah chip-chip Intel, tetapi pada generasi kelima kita dapat melihat pilihan-pilihan.

























Sejauh ini CPU Intel mempunyai unit-unit FPU terbaik dibandingkan AMD dan Cryix. Program-program kantor yang umum tidak menggunakan pekerjaan floating-point, dimana FPU dapat menangani. Sebaliknya untuk program grafis 3D seperti Autocad, dan semua permainan-3D seperti Quake sangan menyandarkan pada unjuk kerja FPU. Oleh karena itu, jika anda menggunakan PC dalam aplikasi desain tingkat lanjut, unjuk kerja FPU menjadi penting.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar